MENGIDENTIFIKASI DAN MENGOPERASIKAN KOMPUTER PERSONAL
EDISI III - 2005
MATA DIKLAT : KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN 2005
2
HALAMAN SAMPUL
HALAMAN JUDUL
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
BAB 1 PENDAHULUAN......................................................................... 1 1.1.. Deskripsi .......................................................................... 1 1.2. Prasyarat........................................................................... 2 1.3. Petunjuk Penggunaan Modul............................................... 2 1.4. Tujuan Akhir...................................................................... 3 1.5. Pre test ..................................................................................... 3
BAB 2 KEGIATAN PEMELAJARAN 1....................................................... 4 2.1.Tujuan Pemelajaran ............................................................ 4 2.2. Komponen Sistem komputer ............................................... 4 2.2.1. Perangkat keras ....................................................... 4 2.2.2. perangkat lunak....................................................... 6 2.2.3. Brainware................................................................. 9 2.2.4. teknologi Infomasi ................................................... 9 2.3. Jenis-jenis Komputer .......................................................... 9 2.4. Perbandingan Performance Komputer .................................. 9 2.5. Jenis-jenis Media penyimpanan data .................................... 10 2.6. Soal-soal .......................................................................... 10
BAB 3 KEGIATAN PEMELAJARAN 2 ...................................................... 11 3.1. Tujuan Pemelajaran .......................................................... 11 3.2. Menjalankan komputer ....................................................... 11 3.2.1. Mempersiapkan penyalaan Komputer......................... 11 3.2.2. Menyalakan Komputer.............................................. 11 3.2.3. mengoperasikan PC.................................................. 12 3.2.4. Mematikan Komputer (Shut down) ............................ 14 3.2.5. Restart Komputer..................................................... 15 3.7. Soal-soal .......................................................................... 16
BAB 4 KEGIATAN PEMELAJARAN 3 ...................................................... 17 4.1. Tujuan Pemelajaran ........................................................... 17 4.2. Mempersiapkan Sistem Operasi dan pengenalan perintah Menu (Ikon)............................................................................... 17 4.3. Mengelola jendela Aplikasi .................................................. 19 4.4. Pengelolaan Folder dan File ................................................ 20 4.5. Menggunakan Panel kendali ( Control Panel) ....................... 27 4.6. Soal-soal ..........................................................................
3
BAB 5 KEGIATAN PEMELAJARAN 4 ...................................................... 28 5.1. Tujuan Pemelajaran .......................................................... 28 5.2. Pemahaman jaringan ( Networking Computer ) ...................... 5.3. Memeriksa Koneksi Ketersambungan PC pada jaringan Komputer ........................................................................ 28 5.4. Menggunakan Sumber Daya Bersama (Resouces Sharing)..... 33 5.5. Soal-soal ........................................................................... 39
PENUTUP ............................................................................................. 40
4
DAFTAR GAMBAR
1. Gambar 2.1. Mouse...................................................................... 5 2. Gambar 2.2. Keyboard ................................................................. 5 3. Gambar 2.3. Model Monitor CRT ................................................. 6 4. Gambar 2.4. Model Monitor LCD.................................................. 6 5. Gambar 2.5. Printer...................................................................... 6 6. Gambar 2.6. Speaker ................................................................... 7 7. Gambar 2.7. Dos .......................................................................... 8 8. Gambar 2.8. FreeBSD.................................................................. 9 9. Gambar 2.9. Mac OS.................................................................... 9 10. Gambar 2.10 Distro Linux............................................................. 10 11. Gambar 2.11. Hard Disk............................................................... 13 12. Gambar 2.12. Disket..................................................................... 13 13. Gambar 2.13. CD ROM................................................................ 13 14. Gambar 2.14. Flash Disk ............................................................. 13 15. Gambar 2.15. Proses Aktivasi Komputer..................................... 15 16. Gambar 2.16. Ctrl + Alt + Del ...................................................... 16 17. Gambar 2.17. Desktop awal sistem operasi ................................ 16 18. Gambar 2.18. Start Menu............................................................. 16 19. Gambar 2.19. Aktivasi Start Menu................................................ 17 20. Gambar 2.20. Taskbar ................................................................. 17 21. Gambar 2.21. Klik ........................................................................ 17 22. Gambar 2.22. Klik kanan ............................................................. 18 23. Gambar 2.23. Double Klik ........................................................... 18 24. Gambar 2.24. Drag and Drop ...................................................... 19 25. Gambar 2.25. Solitaire ................................................................. 19 26. Gambar 2.26. Keyboard .............................................................. 20 27. Gambar 2.27. Aktivasi Shutdown ................................................ 20 28. Gambar 2.28. Shutdown .............................................................. 21 29. Gambar 2.29. Proses Log off ...................................................... 21 30. Gambar 2.30. Log off ................................................................... 21 31. Gambar 2.31. Bagian tampilan desktop ...................................... 23 32. Gambar 2.32. Windows Explorer ................................................. 26 33. Gambar 2.33. Drive ...................................................................... 26 34. Gambar 2.34. Tampilan isi Folder ............................................... 27 35. Gambar 2.35. Urutan isi Folder ................................................... 27 36. Gambar 2.36. Membuat Folder ................................................... 28 37. Gambar 2.37. New Folder ........................................................... 29 38. Gambar 2.38. Rename Folder ..................................................... 29 39. Gambar 2.39. Mengapus Folder dan File .................................... 30 40. Gambar 2.40. Copy dan Paste Folder ......................................... 30 41. Gambar 2.41. Cut dan Paste cara 1............................................. 31 42. Gambar 2.42. Cut dan Paste cara 2............................................. 31 43. Gambar 2.43. Atribut File dan Folder (Read Only)....................... 32 44. Gambar 2.44. Atribut File dan Folder (Hidden) ........................... 33 45. Gambar 2.45. Control Panel......................................................... 33
5
46. Gambar 2.46. Display Ikon .......................................................... 34 47. Gambar 2.47. Display properties ................................................. 34 48. Gambar 2.48. Themes ................................................................. 34 49. Gambar 2.49. Desktop ................................................................. 35 50. Gambar 2.50. Screen Saver ........................................................ 35 51. Gambar 2.51. Appearance .......................................................... 35 52. Gambar 2.52. Setting ................................................................... 36 53. Gambar 2.53. Menu Run ............................................................. 39 54. Gambar 2.54. MS-DOS Prompt.................................................... 39 55. Gambar 2.55. Sharing Network ................................................... 42 56. Gambar 2.56. Sharing Folder ...................................................... 42 57. Gambar 2.57. Sharing CD Drive .................................................. 43 58. Gambar 2.58. Sharing Printer ...................................................... 44 59. Gambar 2.59. Komputer yang terkoneksi .................................... 48 60. Gambar 2.60. Komputer yang tidak terkoneksi ........................... 48
6
BAB I PENDAHULUAN
1.1 DESKRIPSI Nama Modul : Mengidentifikasi dan Mengoperasikan Komputer Personal Kode Kompetensi : 1. TIK.OP02.008.01
2. TIK.OP02.001.01
3. TIK.OP02.003.01
4. TIK.OP02.009.01 Ruang lingkup isi : - Mengidentifikasi komponen sistem komputer tingkat dasar (PC) - Mengoperasikan komputer personal yang berdiri sendiri (PC Stand Alone ) - Mengoperasikan sistem operasi - Mengoperasikan PC yang terhubung pada jaringan komputer lokal Kaitan Modul : Modul ini merupakan modul kedua yang harus dikuasai oleh peserta didik Hasil yang diharapkan : Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat : 1. Menyiapkan penyalaan komputer ; 2. Mengoperasikan penyalaan komputer sampai dapat digunakan; 3. menoperasikan perintah-perintah pada sistem operasi untuk mengelola sumber daya PC; 4. Mengoperasikan PC yang tersambung ke jaringan lokal Manfaat di Industri : Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat : a. memahami cara mengoperasikan komputer tingkat dasar; b. menghindari kerusakan pada komputer yang diakibatkan oleh prosedur mematikan komputer yang salah; c. mengoperasikan sistem operasi dasar yang sering digunakan di industri; d. mengoperasikan komputer pada jaringan lokal.
7
1.2 PRASYARAT
Untuk mempelajari modul ini, maka unit kompetensi dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya, adalah : 1. TIK.OP.01.001.01 = Mengetik pada papan keyboard standart
1.3 PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL Untuk peserta didik. 1. Pemelajaran yang dilaksanakan menggunakan sistem Self Based Learning atau sistem pemelajaran mandiri. Diharapkan seluruh peserta didik dapat belajar secara aktif dengan mengumpulkan berbagai sumber selain modul ini, misalnya melalui majalah, media elektronik maupun melalui internet. 2. Dalam modul ini dituntut tersedianya bahan ajar yang lengkap yang meliputi : 2.1 Unit komputer yang siap digunakan; 2.2 Sistem operasi yang siap digunakan; 2.3 SOP dalam menghidupkan dan mematikan komputer. 3. Setelah menyelesaikan modul ini, peserta didik dapat melanjutkan ke modul selanjutnya, yaitu TIK.OP02.002.01 Mengoperasikan printer dan TIK.OP.02.015.01 Menggunakan perangkat keras dan peranngkat lunak untuk memindai dokumen dan gambar. 4. Guru atau instruktur berperan sebagai fasilitator dan pengarah dalam semua materi di modul ini, sehingga diharapkan dapat terjadi komunikasi timbal balik yang efektif dalam mempercepat proses penguasaan kompetensi peserta didik. Selanjutnya, peran guru dalam proses pemelajaran adalah : 1. membantu peserta didik dalam merencanakan proses belajar, utamanya dalam materi-materi yang relatif baru bagi peserta didik; 2. membimbing peserta didik melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar; 3. membantu peserta didik dalam memahami konsep dan praktek dalam modul ini dan menjawab pertanyaan peserta didik mengenai proses belajar dan pencapaian jenjang pengetahuan peserta didik; 4. membantu peserta didik untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar; 5. mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan; 6. merencanakan seorang ahli / pendamping guru dari dunia usaha untuk membantu jika diperlukan; 7. melaksanakan penilaian;
8
8. menjelaskan kepada peserta didik mengenai bagian yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pemelajaran selanjutnya; 9. mencatat pencapaian kemajuan peserta didik.
1.4 TUJUAN AKHIR Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat : 1. Menyiapkan penyalaan komputer ; 2. Mengoperasikan penyalaan komputer sampai dapat digunakan; 3. mengoperasikan perintah-perintah pada sistem operasi untuk mengelola sumber daya PC; 4. Memahami konsep dasar pengoperasian komputer. 5. Melakukan manajemen pengelolaan file dan folder serta melakukan perubahan beberapa setting konfigurasi komputer melalui fasilitas panel kontrol. 6. Mengoperasikan komputer pada jaringan lokal.
1.5 PRETEST 1. Jelaskan secara singkat cara men-shared folder agar bisa diakses oleh komputer lain dalam sebuah jaringan! 2. Jelaskan cara men-setting printer yang di-shared dari sisi client! 3. Jelaskan langkah-langkah untuk mengubah folder yang telah di-shared menjadi folder yang tidak di-shared! 4. Hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk mematikan komputer yang terhubung jaringan? Jelaskan!
9
BAB 2 KEGIATAN PEMELAJARAN 1
2.1 TUJUAN PEMELAJARAN 1. Mengidentifikasikan bagian-bagian komputer 2. Mengidentifikasikan jenis-jenis perangkat keras 3. Mengidentifikasikan jenis-jenis media penyimpanan data 4. Mengidentifikasikan peranti perangkat lunak
2.2 Komponen sistem Komputer Komponen sistem komputer terdiri dari beberapa perangkat seperti :
2.2.1 Perangkat Keras (Hardware) Perangkat keras (Hardware) yaitu suatu perangkat yang berfungsi melakukan proses input (masukan) dan output (keluaran). Perangkat keras terdiri dari :
1. Unit Pemrosesan Secara Terpusat (CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU)) Didalam proses kerja suatu komputer, processor merupakan bagian terpenting dalam melakukan proses masukan dan keluaran, untuk lebih jelasnya perhatikan bagan proses berikut ini :
2. Perangkat masukan (Input devices) Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data atau input untuk diproses menjadi informasi atau keluaran. Adapun Perangkat masukan terdiri dari :
INPUT PROSES OUTPUT
10
3. Mouse Pemakaian mouse merupakan bagian penting dari Sistem Operasi yang menggunakan tampilan Grafik. Pada saat bekerja, penggunaan mouse sering dipergunakan dengan istilah Pointer (Penunjuk) berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse pada desktop (ruang kerja) Sistem operasi. Mouse terdiri dari beberapa jenis seperti : 3.1 Dual button 3.2 Three button 3.3 Scroll Button
4. Keyboard Keyboard atau papan ketik, merupakan perangkat yang sering dipergunakan didalam kegiatan sehari-hari. Karakteristik dan susunan papan ketik hampir sama dengan mesin ketik manual seperti susunan huruf QWERTY tetapi terdapat beberapa tambahan-tambahan fungsi lainnya seperti tombol Esc, F1,…,F12,
G a m b a r 2 . 1 M o u s e
G a m b a r 2 . 2 K e y b o a r d
11
5. Perangkat keluaran Salah satu perangkat yang berfungsi untuk melihat hasil proses dari masukan, adapun perangkat tersebut adalah sebagai berikut :
6. Monitor Monitor merupakan salah satu perangkat yang berguna menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input
7. Printer (Alat Cetak) Peranti ini berfungsi untuk mencetak proses dari masukan (Input) ; gambar tersebut menjelaskan jenis printer yang ada saat ini :
Gambar 2.3 Model Monitor CRT
Gambar 2.4 Model Monitor LC D
Gambar 2.5 Printer
12
Gambar 2.7 DOS
8. Speaker Peranti ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah diproses di dalam komputer.
2.2.2 Perangkat Lunak (Software) Perangkat lunak adalah suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan perangkat keras dengan pengguna. Perangkat lunak secara umum terbagi menjadi 2 bagian yaitu : 1. Perangkat lunak sistem Operasi Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting didalam menjalankan suatu perangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna dan perangkat keras yang dipergunakan yaitu komputer. Adapun Sistem operasi tersebut bersifat : - Multiuser : dapat digunakan oleh banyak user - Multitasking : dapat melakukan banyak tugas Sistem operasi terbagi menjadi dua klasifikasi 1. Sistem operasi berbasiskan teks Merupakan sistem operasi yang menggunakan teks sebagai sistem. Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan teks, yaitu : - DOS, (Disk Operating System) yang dikeluarkan oleh Microsoft pada tahun 1981, lihat gambar berikut :
Gambar 2.6 Speaker
13
Gambar 2.9 Mac OS
- Unix merupakan sistem operasi berbasis jaringan yang dikeluarkan tahun 1960 dan merupakan sistem operasi tertua. Bagian dari Unix yaitu ; 1. Unix 2. OpenBSD 3. FreeBSD Unix pertama kali digunakan oleh komputer jenis IBM, HP dan Sun Solaris.
2. Sistem operasi berbasiskan Unit grafis antar muka (GUI / Graphic Unit Interface) Merupakan sistem operasi yang berbasiskan gambar atau grafis unit antar muka, Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan GUI, yaitu : - Windows merupakan sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yang dikeluarkan oleh Microsoft. - Macintosh pertama dikeluarkan pada bulan Januari 1984 sangat mudah digunakan (user friendly) dibandingkan dengan yang lainnya. Versi terakhir yang dikeluarkan Macintosh sistem operasi yaitu sistem X yang digunakan di Apple iMac Desktop ataupun Apple Notebook.
- Linux pertama kali dikeluarkan tahun 1991 oleh Linus Torvald. Linux ini merupakan salah satu varian dari Sistem Operasi Unix. Linux Generasi I merupakan Sistem Operasi
Gambar 2.8 FreeBSD
14
berbasis Teks. Setelah Linux berkembang pesat karena sifatnya open source, maka Linux saat ini telah berbasiskan graifs sebagai antar mukanya. Dan Linux itu terdiri dari beberapa distribusi (distro / Pengembang) : Beberapa contoh distro linux di bawah ini : 1. Mandrake 2. Suse 3. Fedora Core dan sebagainya
2. Perangkat lunak aplikasi Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugas perkantoran seperti pengolah kata, lembar sebar, presentase, pengolahan halaman web hingga perangkat media player dan sebagainya, hal ini sudah berkembang sejak sistem operasi tersebut dikembangkan. Perangkat lunak aplikasi terdiri dari 2.1 Program bantu (Utility) Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan diatas, seperti, antivirus, defragmenter, format disket, periksa sistem dan sebagainya. 2.2 Bahasa Pemrograman Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengkonversi perhitungan yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi. Sebagai contoh bahasa pemrograman Bahasa BASIC, COBOL, C++ dan sebagainya.
Gambar 2.10 Distro Linux
15
2.2.3 Brainware Brainware (manusia) merupakan pemakai perangkat-perangkat komputer, dan terbagi atas tingkatan pengguna : 1. System Analyst System analyst adalah seseorang yang melakukan rancangan analisa sistem yang akan dikerjakan oleh seorang programmer. 2. Programmer Programmer adalah seseorang yang mengerjakan program yang berasal dari Sistem analyst 3. Operator Operator adalah seseorang yang menjalankan program yang telah dikerjakan seorang program
2.2.4 Teknologi Informasi Teknologi informasi merupakan suatu bidang yang menangani pengolahan data menjadi suatu informasi yang dapat dimanfaatkan sehingga yang siap saji. Seperti Informasi umum (public information) dan Informasi lokal (local information). Sebagai contoh informasi umum, seperti penggunaan internet, untuk melihat dan mengambil informasi seperti berita, cuaca dan sebagainya. Lokal informasi, seperti jaringan lokal didalam perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan dan mengirim informasi yang sifatnya rahasia dan diberikan hanya kepada yang membutuhkan.
2.3 Jenis Komputer Komputer terdiri dari beberapa jenis yaitu sebagai berikut : 1. Super komputer Komputer yang dipergunakan untuk menampung dan melayani data dalam jumlah yang cukup besar serta mampu melaksanakan tugastugas yang tidak bisa dilakukan komputer berskala kecil. Komputer jenis ini biasanya dipergunakan badan antariksa sebagai pengolahan data.
16
2. Mainframe komputer Komputer ini terdapat pada perusahaan-perusahaan berskala besar, dipergunakan untuk melayani data yang berskala massal. Biasanya dipergunakan perusahaan telekomunikasi didalam melayani pelanggannya.
3. Micro Komputer Komputer ini sering dipergunakan di perusahaan kecil, terdiri dari komputer yang sering dipakai untuk keperluan sehari-hari
2.4 Perbandingan perfomance komputer Dilihat dari perbandingan kecepatan proses kerjanya, yang disesuaikan dengan era dan perkembangan teknologi. Prosesor terdiri dari beberapa jenis dan kecepatannya yaitu sebagai berikut : 1. Type 386, jenis prosesor ini dikembangkan pada tahun 1989 dengan kecepatan antara 30 hingga 60 Mhz. 2. Type 486, jenis prosesor ini dikembangkan tahun 1990 dengan kecepatan antara 60 hingga 100 Mhz. 3. Type 586, Jenis prosesor ini lebih canggih dari prosesor sebelumnya, dikembangkan tahun 1994, beberapa perusahaan pun memproduksinya, seperti intel dengan nama Pentium, dan perusahaan AMD mengeluarkan produknya dengan nama AMD 4. Type 686, Jenis prosesor ini dikembangkan di tahun 1998 sebagai contoh perusahan Intel dengan nama Pentium II, Pentium III dan yang terbaru Pentium IV, dan AMD dengan prosesor seri AMDnya yaitu AMD Duron, Thunderbird, dan yang terbaru Athlon XP Walaupun banyak perusahaan lain yang mengeluarkan prosesornya yang tidak dapat dijelaskan satu persatu. Seperti Transmeta, VIA dan Cyrix. Diantara kemampuan prosesor tanpa dukungan dari memori tidak akan berarti sama sekali, sama halnya dengan beberapa jenis prosesor yang lainnya. Memori terdiri dari beberapa ukuran kecepatan dan kapasitas yaitu 4 Mb, 16 Mb, 32 Mb, 64 Mb, 128, Mb, 256 Mb dan seterusnya. Terdiri dari beberapa jenis yaitu SDRAM, DDR, SO-DIM dan sebagainya.
17
2.5 Jenis-jenis Media Penyimpanan Data Media penyimpanan data terdiri dari : 2.5.1 Harddisk Merupakan suatu media penyimpanan internal yang kapasitasnya besar, untuk saat ini kapasitas harddisk mencapai 120 GB. Harga dari media ini tergolong mahal.
2.5.2 Disket Merupakan suatu media penyimpanan data yang berbentuk seperti amplop dan dapat menyimpan data antara 700 Kb hingga 1,44 Mb.
2.5.3 CDROM/DVD Merupakan media penyimpanan berbentuk piringan. CD ROM mampu menyimpan data sampai 700 Mb, sementara DVD mampu menyimpan antara 4 GB hingga 9 GB.
2.5.4 Flash disk Merupakan media penyimpanan data berbentuk pena, berukuran antara 64 Mb hingga 2 Gb = (2000 Mb)
Gambar 2.11 Hard Disk
Gambar 2.12 Disket
Gambar 2.13 CD ROM
Gambar 2.14 Flash Disk
18
2.6 Soal-soal Latihan : 1. Sebutkan salah satu contoh perangkat keras. 2. Sebutkan salah satu contoh perangkat lunak 3. sebutkan pembagian dan pengertian dari Brainware 4. Sebutkan pengertian dari sistem operasi 5. Sebutkan dan jelaskan contoh sistem-sistem operasi.
19
BAB 3 KEGIATAN PEMELAJARAN 2
3.1 Tujuan Pemelajaran 1. Mempersiapkan pra penyalaan komputer 2. Menyalakan komputer dan mengamati proses aktivitas booting sistem hingga selesai 3. Mengoperasikan PC 4. Mematikan komputer dan mengamati proses deaktivasi komputer sistem hingga selesai
3.2 MENJALANKAN KOMPUTER 3.2.1 Mempersiapkan penyalaan komputer Hal pertama didalam menjalankan sistem komputer ini adalah sebagai berikut : 1. Pastikan perangkat-perangkat seperti keyboard, mouse, monitor dan kabel power dalam keadaan terhubung power supply. 2. Pastikan apakah PC telah terinstal Sistem operasi didalamnya. Setelah mempersiapkan segalanya, maka perhatikan langkahlangkah dibawah ini :
3.2.2 Menyalakan komputer Langkah-langkah menyalakan komputer dengan langkah sebagai berikut : 1. Menekan tombol power kemudian diikuti dengan menekan tombol monitor 2. Pastikan gambar tampilan POST (Power On Self Test) muncul di layar. 3. Tunggu hingga tampilan Sistem operasi muncul
Gambar 2.15 Proses Aktivasi Komputer
20
NB : Apabila Sistem menampilkan dialog box yang menghendaki untuk menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan, maka lakukan seperti pada gambar disamping :
4. Selanjutnya tunggu hingga ruang kerja sistem operasi muncul. Seperti yang terlihat pada gambar.
3.2.3 Mengoperasikan PC Bila dilihat dari tampilan Sistem Operasi terdapat tombol-tombol yang berfungsi untuk membuka suatu aplikasi. Untuk itu mari perhatikan penjelasan dibawah ini : 1. Menggunakan Start Menu Berfungsi untuk memulai suatu program atau aplikasi. perhatikan tombol ini terletak dibawah sudut kiri desktop.
Tips : Lakukan secara bertahap dengan menekan terlebih dahulu dengan menahan Tombol Ctrl, lalu Alt, dan Del.
Gambar 2.17 Desktop awal Sistem Operasi
Gambar 2.16 Ctrl + Alt + Del
Gambar 2. 1 8 Start Menu
21
Untuk menggunakan tombol start menu adalah dengan mengklik satu kali hingga muncul menu kemudian arahkan pointer ke arah yang diinginkan tanpa mengklik, karena dengan sendirinya menu tersebut akan terbuka. Perhatikan gambar berikut : Sebagai latihan, bila ingin menunjuk suatu aplikasi sebagai contoh internet explorer, klik start menu kemudian arahkan pointer ke Programs, lalu arahkan ke Internet Explorer. Perhatikan garis dibawah salah satu huruf di start menu, perintah diatas dapat digunakan dengan mengetik tombol start di keyboard dan huruf yang digaris bawah. Lalu kursor di keyboard untuk memilih menu yang diinginkan.
2. Mengenal Taskbar Terdapat di bagian bawah ruang kerja desktop Sistem Operasi, berguna untuk menjalankan aplikasi, dan mengalihkan antar program aplikasi yang aktif.
3. Menggunakan mouse 3.1 Clik (Klik) dengan cara menekan tombol mouse satu kali dengan cepat.
Tips : Bila keyboard tidak dilengkapi dengan tombol start, maka lakukan kombinasi tombol CTRL + ESC
Gambar 2.2 0 T askba r
Gambar 2. 1 9 aktivasi start menu
Gambar 2.2 1 Kli k
22
3.2 Klik kanan dengan cara menekan tombol mouse di tombol sebelah kanan pada mouse penggunaannya sama dengan klik kiri.
Tips : Klik kanan dipergunakan untuk menampilkan menu Shortcut atau menu sederhana yang terdapat pada desktop, aplikasi, ikon dan taskbar.
3.3 Double Click (Klik ganda / klik dua kali) yaitu menekan tombol mouse dua kali tanpa menggeser mouse.
Gambar 2.2 2 Klik kana n
Klik kana n
Gambar 2. 2 3 Double Kli k
23
3.4 Drag and Drop (Menggeser dan meletakkan) yaitu menekan tombol mouse pada ikon tanpa melepas tombol mouse kemudian menggeser mouse tersebut dan meletakkan pada posisi yang diinginkan kemudian dilepaskan. Lihat contoh pada layar monitor seperti gambar berikut ini :
Sebagai latihan : bukalah salah satu aplikasi permainan sebagai contoh solitaire yang terdapat pada aplikasi Sistem Operasi Windows. Klik Start kemudian Program > Games > Solitaire. Perhatikan permainan tersebut dan cobalah untuk berinteraksi dengan permainan tersebut dengan mempergunakan mouse. Seperti drag dan drop maupun klik kiri dan klik kanan.
Gambar 2. 2 4 Dra g and Dro p
Gambar 2. 2 5 Solitair e
24
4. Keyboard Keyboard atau papan ketik, merupakan perangkat yang sering dipergunakan didalam kegiatan sehari-hari. Karakteristik dan susunan papan ketik hampir sama dengan mesin ketik manual seperti susunan huruf QWERTY tetapi terdapat beberapa tambahan-tambahan fungsi lainnya seperti tombol Esc, F1,…,F12, . Perhatikan gambar ini yang merupakan bagan papan ketik (keyboard) komputer.
Sebagai latihan : ketik nama anda dan alamat anda berulang kali untuk memahami urutan dan tombol huruf yang ada pada keyboard.
3.2.4 Mematikan Komputer (Shut Down) Apakah fungsi shutdown tersebut ? Fungsi ini dipergunakan untuk me-non fungsikan sistem operasi dan perangkat keras lainnya dalam keadaan mati (off). Untuk itu perhatikan langkah-langkah shutdown yaitu sebagai berikut : 1. Klik start menu lalu klik Shut Down.
Gambar 2. 2 6 Keyboard
Gambar 2. 2 7 A ktivasi Shutdow n
25
2. Setelah mengklik Shutdown, maka menu Shut Down Windows tampil dan langkah selanjutnya klik Ok, seperti pada gambar berikut :
Setelah Shut Down aktif maka selanjutnya windows akan menampilkan jendela Log off seperti berikut :
3.2.5 Restart Komputer Restart berfungsi untuk memulai komputer kembali dari awal, fungsinya hampir sama dengan Shut Down. Tetapi untuk Restart, komputer dalam keadaan hidup tetapi sistem akan berjalan dari awal. Langkah-langkahnya sama seperti pada Shut Down, dan menu yang dipilih adalah Restart, lalu klik Ok.
Gambar 2. 2 8 Shutdow n
Gambar 2. 2 9 prose s Lo g Of f
Gambar 2.3 0 Lo g Of f
26
Tips (Untuk Sistem Operasi Windows XP dan Windows 2000) Log Off Komputer Fungsi ini berguna untuk mengganti nama pengguna (user). Dalam arti kata, apabila komputer ini dipergunakan oleh beberapa orang, data yang bersifat pribadi tidak biisa dibuka oleh pengguna lain. Stand By Komputer Fungsi ini berguna untuk menjaga agar komputer dalam keadaan siaga, atau dalam keadaan hidup bila ingin terus menghubungkan komputer dengan internet, telepon dan sebagainya. Hibernate Komputer Fungsi ini bertugas menyimpan data-data terakhir didalam suatu aplikasi, sehingga bila komputer dimatikan dalam proses ini, dan komputer dihidupkan kembali, data atau aplikasi akan terlihat seperti sebelum dimatikan.
3.7 SOAL-SOAL 1. Sebutkan langkah-langkah untuk menyalakan komputer 2. Apakah yang muncul pertama sekali muncul di layar pada saat menyalakan komputer 3. Jelaskan mematikan komputer secara benar. 4. Jelaskan cara melakukan drag and drop. 5. Jelaskan merestart komputer secara benar.
27
BAB 4 KEGIATAN PEMELAJARAN 3
4.1 Tujuan Pemelajaran 1. Mampu mempersiapkan sistem operasi 2. Mengenal perintah dan menu atau ikon yang berada di sistem operasi. 3. Mengelola jendela aplikasi 4. Mengelola folder dan file 5. Menggunakan panel kendali (Control panel)
4.2 Mempersiapkan sistem operasi dan pengenalan perintah menu (ikon) Pada saat menyalakan komputer, pastikan sistem operasi telah terinstal dan berjalan normal sesuai dengan petunjuk atau langkah penggunaan sistem operasi yang berlaku (sebagai contoh Windows). Pada ruang kerja (desktop) sistem operasi terdapat tombol-tombol yang akan sering dipergunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Fungsi dari ikon dan lainnya yang cukup beragam selain untuk membuka aplikasi juga untuk pengaturan sistem. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.
Gambar 2.3 1 Ba g an tampilan deskto p
28
Tabel–01 : Ikon-Ikon pada desktop Windows
Objek ( Ikon ) Keterangan
My Computer
Digunakan untuk menampilkan seluruh drive, folder dan file yang ada pada komputer.
Recycle Bin
Digunakan untuk menyimpan file yang telah dihapus, sampai file tersebut benar-benar dihapus secara permanen.
My Documents
Pada umumnya berfungsi untuk melihat dan menyimpan data yang digunakan sehari-hari.
Internet Explorer
Sebagai browser standar windows yang digunakan untuk mencari dan menampilkan informasi dari suatu situs atau web.
Network Neighbourhood / My Network Places
Berfungsi untuk melihat dan menampilkan seluruh komputer yang terhubung dengan sistem jaringan.
Tabel – 02 : Tombol perintah standar Sistem Operasi Windows dan fungsinya TOMBOL KOMBINASI FUNGSI Tombol á Atau Ctrl + Esc Memunculkan start menu Tombol á + E Berfungsi untuk mengaktifkan My Computer atau Windows Explorer Tombol á + D Meminimalkan ukuran Jendela aplikasi Tombol á + F Mengaktifkan modus pencaharian data Alt + F4 Menutup aplikasi dan shutdown komputer Alt + Tab Berfungsi untuk berpindah jendela yang
29
4.3 Mengelola Jendela Aplikasi Jendela aplikasi adalah suatu jendela yang terdapat pada suatu program aplikasi yang sedang dibuka. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut dibawah ini : 4.3.1 Baris Menu (Menu Bar) adalah jajaran perintah berupa menu yang terletak dibawah baris judul, seperti jendela Windows Explorer.
4.3.2 Baris Toolbar berisi sederatan tombol-tombol yang akan digunakan untuk menjalankan perintah dengan cepat dan mudah.
4.3.3 Address Box digunakan untuk mengetikkan nama folder, driver dan alamat situs.
4.3.4 Tombol Ukuran (Sizing Button) Berfungsi untuk merubah ukuran jendela yang aktif. Adapun fungsifungsi dari jendela tersebut adalah sebagai berikut :
Close Berfungsi untuk menutup dan mengakhiri suatu aplikasi
Minimize Berfungsi untuk memperkecil jendela hingga membentuk icon aktif di taskbar
Restore Berfungsi untuk mengembalikan jendela ke ukuran yang sebelumnya atau ke ukuran semula
Maximize Berfungsi untuk memperbesar ukuran jendela ke ukuran layar penuh
30
4.4 Pengelolaan Folder dan File 4.4.1 Windows Explorer Fasilitas didalam Sistem operasi Microsoft Windows untuk mengatur /membuat Folder dan File adalah Windows Explorer. Windows Explorer menampilkan scara lengkap isi dan hirarki suatu File dan folder serta menampilkan keseluruhan isi dari file tersebut. Untuk membuka aplikasi tersebut klik tombol Start Menu, lalu arahkan pointer ke Program > Accessories > Windows Explorer.
Windows Explorer juga dapat diaktifkan dengan berbagai cara, dapat dibuka pada ikon My Document, dapat juga di klik kanan pada tombol start menu, atau kombinasi tombol á dan huruf E pada keyboard. Tampilan dari Windows Explorer ini terbagi dua, pada sisi sebelah kiri berisi seluruh nama driver, folder, dan sub folder, sedangkan pada sisi kanan berisi rincian isi dari semuanya. Contoh lihat gambar dibawah :
Disk Drive
Harddisk
Harddisk
CD, DVD
Gambar 2.3 2 Windows Explore r
Gambar 2.3 3 Driv e
31
4.4.2 Mengubah tampilan isi Folder Dalam keadaan tetap, windows hanya memperlihatkan keterangan singkat tentang isi dari windows explorer. Bila ingin mengubah tampilan isi folder tersebut yaitu dengan mengklik menu View atau tombol toolbar, seperti yang terlihat pada gambar.
Setelah melihat isi dari menu view, klik salah satu perintah tersebut dan berikut keterangannya. 1. Thumbnails dipergunakan untuk menampilkan file gambar dan data dalam bentuk gambar-gambar kecil (preview). 2. Icons dipergunakan untuk menampilkan nama folder, data dan drive dalam bentuk ikon. 3. List dipergunakan untuk menampilkan nama folder, data dan drive berdasarkan nama dan urutannya. 4. Detail dipergunakan untuk menampilkan nama folder, data dan drive berdasarkan informasi secara lengkap.
4.4.3 Mengubah urutan tampilan folder Apabila folder dan drive tidak beraturan secara abjad, maka langkah yang dilakukan agar terlihat rapi adalah mengklik menu View lalu arahkan pointer ke Arrange Icons by.
Gambar 2.3 4 Tampilan isi Folde r
Gambar 2.3 5 urutan isi Folde r
32
Adapun fungsi perintah tersebut adalah sebagai berikut : 1. Name, Folder dan data dapat ditampilkan berurut berdasarkan nama. 2. Size, Folder dan data dapat ditampilkan berurut berdasarkan ukuran file. 3. Type, Folder dan data dapat ditampilkan berurut berdasarkan jenis File. 4. Modified, Folder dan data dapat ditampilkan berurut berdasarkan ukuran tanggal terakhir pembuatan atau diperbaharui.
4.4.4 Membuat, Menghapus dan Mengganti nama Folder Folder berfungsi diumpamakan rak yang dilengkapi dengan lacinya. Kegunaan lainnya adalah untuk tidak membingungkan pada saat penyimpanan data yang tergolong banyak jenis filenya. Panduan : Untuk memilih file atau folder lebih dari satu, dapat dilakukan dengan cara memilih salah satu file atau folder yang dipilih, lalu pindahkan pointer mouse pada file atau folder yang lain, tekan tombol Shift kemudian klik mouse pada file atau folder yang akan dikopi. Cara yang lain adalah dengan menggunakan tombol Ctrl, lalu pilih file atau folder sambil menahan tombol Ctrl.
4.4.5 Membuat Folder Untuk membuat folder, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut. 1. Pada Windows Explorer, klik File arahkan pointer ke New > Folder atau dengan mengklik ruang kosong di sisi kanan Windows Explorer.
Gambar 2.3 6 Membuat Folde r
33
Pada sisi kanan dari windows Explorer, folder akan muncul dengan nama New Folder. Nama folder tersebut dapat diketik dengan menekan tombol back space.
Setelah mengetikkan nama folder tersebut, tekan Enter.
4.4.6 Mengganti nama folder Pilih folder yang akan diganti lalu klik menu File lalu arahkan pointer ke Rename lalu klik.
Maka folder tersebut, meminta untuk mengganti nama folder tersebut.
Tips: Folder dapat diganti namanya dengan cara pilih folder lalu tekan tombol F2.
Gambar 2.3 7 New Folder
Gambar 2.32 Rename Folde r
Gambar 2.3 8 Rename Folder
34
4.4.7 Menghapus Folder Pilih folder yang akan dihapus, lalu klik menu File lalu arahkan pointer ke Delete lalu klik. Kotak dialog konfirmasi untuk menghapus, tetapi folder yang dihapus sebenarnya akan dipindahkan dulu ke Recycle Bin. Lalu klik Yes.
4.4.8 Mengkopi folder Sebagai latihan buat dua folder, lalu berikan nama. Kopi folder berguna untuk menggandakan folder, file ke tempat yang lain. Pilih salah satu folder yang hendak dikopi, klik kanan folder yang dipilih, maka sub menu akan tampil lalu pilih Copy atau dengan combinasi tombol keyboard Ctrl + C. Lalu pilih Paste atau Ctrl + V.
Gambar 2.3 9 Men g hapus Folder dan fil e
Gambar 2.4 0 Cop y dan Paste Folder / Fil e
35
4.4.9 Memindahkan folder dan File Folder atau file dapat dipindahkan ke lokasi yang diinginkan, untuk memindahkan folder tersebut gunakan langkah sebagai berikut : 1. Pilihlah folder atau file yang ingin dipindahkan 2. Klik Edit lalu klik Cut atau dengan kombinasi tombol Ctrl + X. 3. Pilih drive, folder atau tempat dimana file atau folder tersebut akan dipindahkan. 4. Setelah memilih tempat tujuan, klik Edit kemudian pilih Paste atau kombinasi tombol Ctrl + V.
Langkah memindahkan file atau folder ini dapat dilakukan dengan mengklik kanan file atau folder yang akan dipindahkan. Setelah itu pilih Cut, lalu pilih tempat tujuan dan klik Paste.
Gambar 2.4 1 Cut dan Past e cara 1
Gambar 2.4 2 Cut dan Past e cara 2
36
4.4.10 Mengubah atribut Folder dan File Folder dapat diubah atributnya sesuai dengan keinginan. Adapun atribut pada folder adalah sebagai berikut : 1. Read Only, berfungsi untuk menutup akses penulisan ulang, atau hanya sekedar dibaca atau dilihat. 2. Hidden, berfungsi untuk menyembunyikan folder. Perhatikan langkah-langkah berikut didalam mengubah attribut file dan folder. Mengaktifkan Read Only pada Folder 1. Pilih Folder yang akan diubah attributnya dengan mengklik kanan folder tersebut. 2. Kemudian arahkan penunjuk dan klik Properties. 3. Check pada kotak check Read Only kemudian klik OK Perhatikan gambar
Mengaktifkan Hidden pada Folder 1. Pilih Folder yang akan diubah attributnya dengan mengklik kanan folder tersebut. 2. Kemudian arahkan penunjuk dan klik Properties. 3. Check pada kotak check Hidden kemudian klik OK.
Gambar 2.4 3 A t r i b u t F il e d a n F o l d e r ( R e a d O n l y )
37
Perhatikan Gambar
4.5 Menggunakan Panel Kendali (Control Panel) Control Panel adalah suatu aplikasi yang berfungsi mengatur sistem komputer, seperti pengaturan perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (software), tanggal dan waktu, jenis huruf yang sudah terinstal, dan sebagainya. Untuk mengaktifkannya, klik start menu kemudian arahkan ke Setting > Control Panel. Jendela Control Panel diperlihatkan seperti gambar berikut ini :
Gambar 2.4 4 Atribut File dan Folde r (Hidden )
Gambar 2.4 5 Control Panel
38
4.5.1 Display Properties Untuk mengaktifkan jendela Display properties adalah sebagai berikut : 1. Klik dua kali ikon Display, lalu perhatikan proses selanjutnya.
2. Perhatikan kotak dialog Properties dibawah ini
Untuk perhatikan fungsi tab sebagai berikut : Themes berfungsi untuk mengatur kulit (skin) Desktop dan mengaturnya sesuai dengan keinginan. Arahkan pointer pada menu Themes bertanda panah kebawah untuk memilih skin apa yang akan dipilih lalu klik Ok.
Gambar 2.4 6 Display Iko n
Gambar 2. 4 7 Display Propertie s
Gambar 2. 4 8 Theme s
39
3. Desktop berfungsi untuk menampilkan gambar sebagai latar belakang desktop. Arahkan pointer pada daftar Background, telah tersedia daftar gambar yang dapat digunakan untuk latar belakang desktop, atau klik Browse untuk mengambil gambar dari media penyimpanan lainnya.
4. Screen Saver berfungsi untuk menampilkan screen saver atau animasi bergerak yang akan tampil pada saat komputer tidak dipergunakan, pengaturan menit dari screen saver dapat diatur sesuai dengan keinginan.
5. Appearance berfungsi untuk mengatur kulit (skin) tampilan dan mengaturnya sesuai dengan keinginan. Untuk itu ikuti langkah-langkah untuk mengubah tampilan windows XP :
Gambar 2.49 Desktop
Gambar 2.50 Screen Saver
Gambar 2.5 1 A p pearanc e
40
5.1 Pada menu Windows and Buttons klik tanda panah kebawah, tampilan pilihan skin windows XP akan terbuka. ¾ Terdapat dua pilihan yaitu Windows Classic dan Windows XP, sebagai contoh pilih Windows XP. ¾ Langkah berikutnya adalah memilih Color scheme, terdapat 3 pilihan skin, pilih sesuai dengan selera. ¾ Pilih ukuran huruf Font Size. Terdapat 3 pilihan ukuran, pilih salah satu sesuai dengan keinginan. ¾ Terdapat fungsi-fungsi tombol yaitu Effects dan Advanced untuk pengaturan skin lebih lanjut.
5.2 Setting berfungsi untuk mengatur kedalaman warna dan resolusi dari tampilan windows XP. Dalam hal ini windows XP mendukung penggunaan dua monitor sekaligus, tegantung dari kualitas video graphicnya.
Pengaturan resolusi dilakukan dengan cara menggeser tombol kekiri dan kekanan (sebagai catatan : semakin tinggi resolusi yang diatur, maka huruf dan font akan berubah ukurannya, batas maksimal untuk monitor 15 “ adalah 1024 by 768 pixel, tidak disarankan melebihi batas tersebut) Kedalaman warna dapat disetting hinga 32 bit. Disarankan untuk mengambil kedalaman warna terkecil karena akan mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan Gambar 2.5 2 Settin g
41
4.6 Soal-soal 1. Sebutkan 3 ikon yang muncul pada desktop. 2. Sebutkan langkah-langkah membuat folder dengan nama Latihan 1 di My document. 3. Sebutkan fungsi dari tombol ukuran. 4. Sebutkan langkah-langkah menghapus folder. 5. Sebutkan langkah-langkah mengganti wallpaper pada ruang kerja (Desktop)
42
BAB 5 Kegiatan Pemelajaran 4
5.1 Tujuan Pemelajaran 1. Mengoperasikan PC yang tersambung ke jaringan area lokal. 2. Memutuskan koneksi jaringan pada PC sebelum shutdown dilakukan
5.2 Pemahaman Jaringan (Networking) Komputer
Sejak ditemukannya teknik komunikasi data antara komputer, mulailah berkembang penggunaan jaringan komputer di lembaga-lembaga bisnis maupun pendidikan dan riset serta lembaga-lembaga lainnya.
Dalam sebuah jaringan komputer biasanya terhubung banyak komputer ke sebuah atau beberapa server. Server adalah komputer yang difungsikan sebagai "pelayan" pengiriman data dan atau penerimaan data serta mengatur pengiriman dan penerimaan data diantara komputer-komputer yang tersambung. Fungsi pelayanan ini dimungkin oleh adanya penggunaan perangkat lunak khusus untuk server. Perangkat lunak yang dulu dikenal antara lain Xenix dari IBM, UNIX, Novell dan Microsoft Windows 3.11 dan beberapa merk lainnya. Saat ini yang umum dipergunakan orang adalah perangkat lunak Novell dan Windows NT dari jenis-jenis keluaran terbaru yang memiliki kompatibilitas dengan jaringan internet. Kompatibilitas ini atau kecocokan ini dimungkinkan oleh karena perusahaan produsennya telah mengembangkan produknya dengan menambahkan sistem TCP/IP. Apakah Sistem TCP/IP tersebut
TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol) dipergunakan dalam jaringan internet sebagai sistem pengiriman meta data dan pengontrolannya.
43
Secara fisik, jaringan komputer merupakan komputer yang dihubungkan dengan kabel data. Ada beragam jenis kabel data yang dibuat untuk penggunaan tertentu seperti kabel RG 58 untuk didalam ruangan, dapat juga mempergunakan kabel UTP. Untuk hubungan jaringan komputer antar gedung dapat dipergunakan kabel RG8 atau yang dikenal sebagai kabel backbone. Apabila kita membangun jaringan komputer antar gedung sebaiknya memperhatikan keamanannya dari gangguan petir.
5.3 Memeriksa koneksi (ketersambungan) PC pada jaringan komputer Untuk melihat IP Address sebuah PC dalam jaringan:
5.3.1 klik Start > Run
Gambar 2.53 Menu Run 5.3.2 ketik cmd (untuk Win XP) atau command (untuk Win 98) 5.3.3 klik OK atau tekan Enter 5.3.4 ketik pada C prompt: ipconfig 5.3.5 tekan Enter
Gambar 2.54 MS-DOS Prompt
44
• akan tampil…
Untuk men-cek ketersambungan PC dalam jaringan 1. klik Start > Run
2. ketik cmd (untuk Win XP) atau command (untuk Win 98) 3. klik OK atau tekan Enter • tampil .......
4. ketik pada C prompt: ping 192.168.8.21, contoh : IP PC sendiri.
• tekan enter
45
5. tampil...
6. Jika ada pesan “Reply ....” berarti telah mengenal/ada koneksi pada IP diri sendiri dalam jaringan 7. jika IP Address yang diketik adalah IP PC lain, contoh : ping 192.168.1.50 8. tekan enter 9. tampil ....
• jika muncul tampilan seperti di atas ini (tidak ada pesa “Reply ....”), berarti IP Address PC yang diketik tidak terkoneksi dengan PC kita
46
5.4 Menggunakan sumber daya bersama (resources-sharing) 5.4.1 Men-setting shared folder 1. klik kanan pada Start > pilih Explore 2. klik kanan pada Folder yang akan di-shared > pilih Sharing and Security...
Gambar 2.55 Sharing Network 3. pada check box pilih: Share this folder on the network 4. klik OK Folder yang di-shared akan ditampilkan dalam thumbnail icon seperti di bawah ini
Gambar 2.56 Sharing Folder
47
5.4.2 Mengatur shared floppy disk drive 1. Klik kanan pada Start > pilih Explore op 2. Klik kanan pada drive yang akan di-shared > pilih Sharing and Security...
Gambar 2.57 Sharing CD Drive 3. klik teks: If you understand the risk but still want to share...
48
4. pada check box pilih: Share this folder on the network 5. klik OK
6. folder yang di-shared akan ditampilkan dalam thumbnail icon seperti di bawah ini
7. Hal yang sama dapat dilakukan pada drive A (shared floppy disk drive) dan drive C (shared hard disk drive)
5.4.3 Men-setting shared-printer dari sisi Server 1. klik Start > Control Panel > Dobel-klik Printers & Faxes
Gambar 2.58 Sharing Printer
49
2. klik kanan pada Printer yang akan di-share 3. pilih Sharing...
klik tombol : Share this printer klik OK atau tekan Enter
Printer yang ter-sharing ditandai dengan gambar telapak tangan
5.4.4 Mengatur shared-printer dari sisi Client 1. klik Start > Control Panel > klik dua kali Printers & Faxes 2. klik Add a printer 3. klik Next
50
4. pilih radio button: A Network printer, or a printer... 5. klik Next
6. klik radio button: Browse for a printer 7. klik Next
51
8. Gunakan scroll bar untuk memilih printer yang berada di dalam jaringan 9. Klik Next
Perintah pencetakan dengan shared-printer sama dengan standalone printer biasa, hanya perlu mengarahkan pilihan printer yang di-shared
52
5.4.5 Mengakses/mengambil file dari komputer lain 1. Klik icon network neighborhood/Network place pada desktop 2. Akan muncul tampilan sebagai berikut : Contoh Komputer yang terhubung
3. Pilih komputer yang akan dituju dengan cara di klik nama komputer yang ada di network explorer
5.5 Soal-soal
1. Jelaskan langkah-langkah perintah koneksi jaringan komputer anda sendiri 2. Jelaskan cara memeriksa koneksi PC anda dengan PC lain dalam jaringan. 3. Bagaimana langkah-langkah pengaturan berbagai pakai printer bersama. 4. Bagaimana langkah-langkah pengaturan berbagai pakai File/Folder bersama. 5. Bagaimana cara memutuskan hubungan jaringan.
PENUTUP
Modul ini merupakan bahan ajar peserta didik untuk memperoleh kompetensi menyalakan komputer ; mengoperasikan komputer sampai dapat digunakan ;
Gambar 2.59 Komputer yang terkoneksi
Gambar 2.60 Komputer yang tidak terkoneksi
53
EDISI III - 2005
MATA DIKLAT : KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN 2005
2
HALAMAN SAMPUL
HALAMAN JUDUL
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
BAB 1 PENDAHULUAN......................................................................... 1 1.1.. Deskripsi .......................................................................... 1 1.2. Prasyarat........................................................................... 2 1.3. Petunjuk Penggunaan Modul............................................... 2 1.4. Tujuan Akhir...................................................................... 3 1.5. Pre test ..................................................................................... 3
BAB 2 KEGIATAN PEMELAJARAN 1....................................................... 4 2.1.Tujuan Pemelajaran ............................................................ 4 2.2. Komponen Sistem komputer ............................................... 4 2.2.1. Perangkat keras ....................................................... 4 2.2.2. perangkat lunak....................................................... 6 2.2.3. Brainware................................................................. 9 2.2.4. teknologi Infomasi ................................................... 9 2.3. Jenis-jenis Komputer .......................................................... 9 2.4. Perbandingan Performance Komputer .................................. 9 2.5. Jenis-jenis Media penyimpanan data .................................... 10 2.6. Soal-soal .......................................................................... 10
BAB 3 KEGIATAN PEMELAJARAN 2 ...................................................... 11 3.1. Tujuan Pemelajaran .......................................................... 11 3.2. Menjalankan komputer ....................................................... 11 3.2.1. Mempersiapkan penyalaan Komputer......................... 11 3.2.2. Menyalakan Komputer.............................................. 11 3.2.3. mengoperasikan PC.................................................. 12 3.2.4. Mematikan Komputer (Shut down) ............................ 14 3.2.5. Restart Komputer..................................................... 15 3.7. Soal-soal .......................................................................... 16
BAB 4 KEGIATAN PEMELAJARAN 3 ...................................................... 17 4.1. Tujuan Pemelajaran ........................................................... 17 4.2. Mempersiapkan Sistem Operasi dan pengenalan perintah Menu (Ikon)............................................................................... 17 4.3. Mengelola jendela Aplikasi .................................................. 19 4.4. Pengelolaan Folder dan File ................................................ 20 4.5. Menggunakan Panel kendali ( Control Panel) ....................... 27 4.6. Soal-soal ..........................................................................
3
BAB 5 KEGIATAN PEMELAJARAN 4 ...................................................... 28 5.1. Tujuan Pemelajaran .......................................................... 28 5.2. Pemahaman jaringan ( Networking Computer ) ...................... 5.3. Memeriksa Koneksi Ketersambungan PC pada jaringan Komputer ........................................................................ 28 5.4. Menggunakan Sumber Daya Bersama (Resouces Sharing)..... 33 5.5. Soal-soal ........................................................................... 39
PENUTUP ............................................................................................. 40
4
DAFTAR GAMBAR
1. Gambar 2.1. Mouse...................................................................... 5 2. Gambar 2.2. Keyboard ................................................................. 5 3. Gambar 2.3. Model Monitor CRT ................................................. 6 4. Gambar 2.4. Model Monitor LCD.................................................. 6 5. Gambar 2.5. Printer...................................................................... 6 6. Gambar 2.6. Speaker ................................................................... 7 7. Gambar 2.7. Dos .......................................................................... 8 8. Gambar 2.8. FreeBSD.................................................................. 9 9. Gambar 2.9. Mac OS.................................................................... 9 10. Gambar 2.10 Distro Linux............................................................. 10 11. Gambar 2.11. Hard Disk............................................................... 13 12. Gambar 2.12. Disket..................................................................... 13 13. Gambar 2.13. CD ROM................................................................ 13 14. Gambar 2.14. Flash Disk ............................................................. 13 15. Gambar 2.15. Proses Aktivasi Komputer..................................... 15 16. Gambar 2.16. Ctrl + Alt + Del ...................................................... 16 17. Gambar 2.17. Desktop awal sistem operasi ................................ 16 18. Gambar 2.18. Start Menu............................................................. 16 19. Gambar 2.19. Aktivasi Start Menu................................................ 17 20. Gambar 2.20. Taskbar ................................................................. 17 21. Gambar 2.21. Klik ........................................................................ 17 22. Gambar 2.22. Klik kanan ............................................................. 18 23. Gambar 2.23. Double Klik ........................................................... 18 24. Gambar 2.24. Drag and Drop ...................................................... 19 25. Gambar 2.25. Solitaire ................................................................. 19 26. Gambar 2.26. Keyboard .............................................................. 20 27. Gambar 2.27. Aktivasi Shutdown ................................................ 20 28. Gambar 2.28. Shutdown .............................................................. 21 29. Gambar 2.29. Proses Log off ...................................................... 21 30. Gambar 2.30. Log off ................................................................... 21 31. Gambar 2.31. Bagian tampilan desktop ...................................... 23 32. Gambar 2.32. Windows Explorer ................................................. 26 33. Gambar 2.33. Drive ...................................................................... 26 34. Gambar 2.34. Tampilan isi Folder ............................................... 27 35. Gambar 2.35. Urutan isi Folder ................................................... 27 36. Gambar 2.36. Membuat Folder ................................................... 28 37. Gambar 2.37. New Folder ........................................................... 29 38. Gambar 2.38. Rename Folder ..................................................... 29 39. Gambar 2.39. Mengapus Folder dan File .................................... 30 40. Gambar 2.40. Copy dan Paste Folder ......................................... 30 41. Gambar 2.41. Cut dan Paste cara 1............................................. 31 42. Gambar 2.42. Cut dan Paste cara 2............................................. 31 43. Gambar 2.43. Atribut File dan Folder (Read Only)....................... 32 44. Gambar 2.44. Atribut File dan Folder (Hidden) ........................... 33 45. Gambar 2.45. Control Panel......................................................... 33
5
46. Gambar 2.46. Display Ikon .......................................................... 34 47. Gambar 2.47. Display properties ................................................. 34 48. Gambar 2.48. Themes ................................................................. 34 49. Gambar 2.49. Desktop ................................................................. 35 50. Gambar 2.50. Screen Saver ........................................................ 35 51. Gambar 2.51. Appearance .......................................................... 35 52. Gambar 2.52. Setting ................................................................... 36 53. Gambar 2.53. Menu Run ............................................................. 39 54. Gambar 2.54. MS-DOS Prompt.................................................... 39 55. Gambar 2.55. Sharing Network ................................................... 42 56. Gambar 2.56. Sharing Folder ...................................................... 42 57. Gambar 2.57. Sharing CD Drive .................................................. 43 58. Gambar 2.58. Sharing Printer ...................................................... 44 59. Gambar 2.59. Komputer yang terkoneksi .................................... 48 60. Gambar 2.60. Komputer yang tidak terkoneksi ........................... 48
6
BAB I PENDAHULUAN
1.1 DESKRIPSI Nama Modul : Mengidentifikasi dan Mengoperasikan Komputer Personal Kode Kompetensi : 1. TIK.OP02.008.01
2. TIK.OP02.001.01
3. TIK.OP02.003.01
4. TIK.OP02.009.01 Ruang lingkup isi : - Mengidentifikasi komponen sistem komputer tingkat dasar (PC) - Mengoperasikan komputer personal yang berdiri sendiri (PC Stand Alone ) - Mengoperasikan sistem operasi - Mengoperasikan PC yang terhubung pada jaringan komputer lokal Kaitan Modul : Modul ini merupakan modul kedua yang harus dikuasai oleh peserta didik Hasil yang diharapkan : Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat : 1. Menyiapkan penyalaan komputer ; 2. Mengoperasikan penyalaan komputer sampai dapat digunakan; 3. menoperasikan perintah-perintah pada sistem operasi untuk mengelola sumber daya PC; 4. Mengoperasikan PC yang tersambung ke jaringan lokal Manfaat di Industri : Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat : a. memahami cara mengoperasikan komputer tingkat dasar; b. menghindari kerusakan pada komputer yang diakibatkan oleh prosedur mematikan komputer yang salah; c. mengoperasikan sistem operasi dasar yang sering digunakan di industri; d. mengoperasikan komputer pada jaringan lokal.
7
1.2 PRASYARAT
Untuk mempelajari modul ini, maka unit kompetensi dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya, adalah : 1. TIK.OP.01.001.01 = Mengetik pada papan keyboard standart
1.3 PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL Untuk peserta didik. 1. Pemelajaran yang dilaksanakan menggunakan sistem Self Based Learning atau sistem pemelajaran mandiri. Diharapkan seluruh peserta didik dapat belajar secara aktif dengan mengumpulkan berbagai sumber selain modul ini, misalnya melalui majalah, media elektronik maupun melalui internet. 2. Dalam modul ini dituntut tersedianya bahan ajar yang lengkap yang meliputi : 2.1 Unit komputer yang siap digunakan; 2.2 Sistem operasi yang siap digunakan; 2.3 SOP dalam menghidupkan dan mematikan komputer. 3. Setelah menyelesaikan modul ini, peserta didik dapat melanjutkan ke modul selanjutnya, yaitu TIK.OP02.002.01 Mengoperasikan printer dan TIK.OP.02.015.01 Menggunakan perangkat keras dan peranngkat lunak untuk memindai dokumen dan gambar. 4. Guru atau instruktur berperan sebagai fasilitator dan pengarah dalam semua materi di modul ini, sehingga diharapkan dapat terjadi komunikasi timbal balik yang efektif dalam mempercepat proses penguasaan kompetensi peserta didik. Selanjutnya, peran guru dalam proses pemelajaran adalah : 1. membantu peserta didik dalam merencanakan proses belajar, utamanya dalam materi-materi yang relatif baru bagi peserta didik; 2. membimbing peserta didik melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar; 3. membantu peserta didik dalam memahami konsep dan praktek dalam modul ini dan menjawab pertanyaan peserta didik mengenai proses belajar dan pencapaian jenjang pengetahuan peserta didik; 4. membantu peserta didik untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar; 5. mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan; 6. merencanakan seorang ahli / pendamping guru dari dunia usaha untuk membantu jika diperlukan; 7. melaksanakan penilaian;
8
8. menjelaskan kepada peserta didik mengenai bagian yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pemelajaran selanjutnya; 9. mencatat pencapaian kemajuan peserta didik.
1.4 TUJUAN AKHIR Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat : 1. Menyiapkan penyalaan komputer ; 2. Mengoperasikan penyalaan komputer sampai dapat digunakan; 3. mengoperasikan perintah-perintah pada sistem operasi untuk mengelola sumber daya PC; 4. Memahami konsep dasar pengoperasian komputer. 5. Melakukan manajemen pengelolaan file dan folder serta melakukan perubahan beberapa setting konfigurasi komputer melalui fasilitas panel kontrol. 6. Mengoperasikan komputer pada jaringan lokal.
1.5 PRETEST 1. Jelaskan secara singkat cara men-shared folder agar bisa diakses oleh komputer lain dalam sebuah jaringan! 2. Jelaskan cara men-setting printer yang di-shared dari sisi client! 3. Jelaskan langkah-langkah untuk mengubah folder yang telah di-shared menjadi folder yang tidak di-shared! 4. Hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk mematikan komputer yang terhubung jaringan? Jelaskan!
9
BAB 2 KEGIATAN PEMELAJARAN 1
2.1 TUJUAN PEMELAJARAN 1. Mengidentifikasikan bagian-bagian komputer 2. Mengidentifikasikan jenis-jenis perangkat keras 3. Mengidentifikasikan jenis-jenis media penyimpanan data 4. Mengidentifikasikan peranti perangkat lunak
2.2 Komponen sistem Komputer Komponen sistem komputer terdiri dari beberapa perangkat seperti :
2.2.1 Perangkat Keras (Hardware) Perangkat keras (Hardware) yaitu suatu perangkat yang berfungsi melakukan proses input (masukan) dan output (keluaran). Perangkat keras terdiri dari :
1. Unit Pemrosesan Secara Terpusat (CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU)) Didalam proses kerja suatu komputer, processor merupakan bagian terpenting dalam melakukan proses masukan dan keluaran, untuk lebih jelasnya perhatikan bagan proses berikut ini :
2. Perangkat masukan (Input devices) Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data atau input untuk diproses menjadi informasi atau keluaran. Adapun Perangkat masukan terdiri dari :
INPUT PROSES OUTPUT
10
3. Mouse Pemakaian mouse merupakan bagian penting dari Sistem Operasi yang menggunakan tampilan Grafik. Pada saat bekerja, penggunaan mouse sering dipergunakan dengan istilah Pointer (Penunjuk) berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse pada desktop (ruang kerja) Sistem operasi. Mouse terdiri dari beberapa jenis seperti : 3.1 Dual button 3.2 Three button 3.3 Scroll Button
4. Keyboard Keyboard atau papan ketik, merupakan perangkat yang sering dipergunakan didalam kegiatan sehari-hari. Karakteristik dan susunan papan ketik hampir sama dengan mesin ketik manual seperti susunan huruf QWERTY tetapi terdapat beberapa tambahan-tambahan fungsi lainnya seperti tombol Esc, F1,…,F12,
G a m b a r 2 . 1 M o u s e
G a m b a r 2 . 2 K e y b o a r d
11
5. Perangkat keluaran Salah satu perangkat yang berfungsi untuk melihat hasil proses dari masukan, adapun perangkat tersebut adalah sebagai berikut :
6. Monitor Monitor merupakan salah satu perangkat yang berguna menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input
7. Printer (Alat Cetak) Peranti ini berfungsi untuk mencetak proses dari masukan (Input) ; gambar tersebut menjelaskan jenis printer yang ada saat ini :
Gambar 2.3 Model Monitor CRT
Gambar 2.4 Model Monitor LC D
Gambar 2.5 Printer
12
Gambar 2.7 DOS
8. Speaker Peranti ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah diproses di dalam komputer.
2.2.2 Perangkat Lunak (Software) Perangkat lunak adalah suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan perangkat keras dengan pengguna. Perangkat lunak secara umum terbagi menjadi 2 bagian yaitu : 1. Perangkat lunak sistem Operasi Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting didalam menjalankan suatu perangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna dan perangkat keras yang dipergunakan yaitu komputer. Adapun Sistem operasi tersebut bersifat : - Multiuser : dapat digunakan oleh banyak user - Multitasking : dapat melakukan banyak tugas Sistem operasi terbagi menjadi dua klasifikasi 1. Sistem operasi berbasiskan teks Merupakan sistem operasi yang menggunakan teks sebagai sistem. Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan teks, yaitu : - DOS, (Disk Operating System) yang dikeluarkan oleh Microsoft pada tahun 1981, lihat gambar berikut :
Gambar 2.6 Speaker
13
Gambar 2.9 Mac OS
- Unix merupakan sistem operasi berbasis jaringan yang dikeluarkan tahun 1960 dan merupakan sistem operasi tertua. Bagian dari Unix yaitu ; 1. Unix 2. OpenBSD 3. FreeBSD Unix pertama kali digunakan oleh komputer jenis IBM, HP dan Sun Solaris.
2. Sistem operasi berbasiskan Unit grafis antar muka (GUI / Graphic Unit Interface) Merupakan sistem operasi yang berbasiskan gambar atau grafis unit antar muka, Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan GUI, yaitu : - Windows merupakan sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yang dikeluarkan oleh Microsoft. - Macintosh pertama dikeluarkan pada bulan Januari 1984 sangat mudah digunakan (user friendly) dibandingkan dengan yang lainnya. Versi terakhir yang dikeluarkan Macintosh sistem operasi yaitu sistem X yang digunakan di Apple iMac Desktop ataupun Apple Notebook.
- Linux pertama kali dikeluarkan tahun 1991 oleh Linus Torvald. Linux ini merupakan salah satu varian dari Sistem Operasi Unix. Linux Generasi I merupakan Sistem Operasi
Gambar 2.8 FreeBSD
14
berbasis Teks. Setelah Linux berkembang pesat karena sifatnya open source, maka Linux saat ini telah berbasiskan graifs sebagai antar mukanya. Dan Linux itu terdiri dari beberapa distribusi (distro / Pengembang) : Beberapa contoh distro linux di bawah ini : 1. Mandrake 2. Suse 3. Fedora Core dan sebagainya
2. Perangkat lunak aplikasi Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugas perkantoran seperti pengolah kata, lembar sebar, presentase, pengolahan halaman web hingga perangkat media player dan sebagainya, hal ini sudah berkembang sejak sistem operasi tersebut dikembangkan. Perangkat lunak aplikasi terdiri dari 2.1 Program bantu (Utility) Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan diatas, seperti, antivirus, defragmenter, format disket, periksa sistem dan sebagainya. 2.2 Bahasa Pemrograman Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengkonversi perhitungan yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi. Sebagai contoh bahasa pemrograman Bahasa BASIC, COBOL, C++ dan sebagainya.
Gambar 2.10 Distro Linux
15
2.2.3 Brainware Brainware (manusia) merupakan pemakai perangkat-perangkat komputer, dan terbagi atas tingkatan pengguna : 1. System Analyst System analyst adalah seseorang yang melakukan rancangan analisa sistem yang akan dikerjakan oleh seorang programmer. 2. Programmer Programmer adalah seseorang yang mengerjakan program yang berasal dari Sistem analyst 3. Operator Operator adalah seseorang yang menjalankan program yang telah dikerjakan seorang program
2.2.4 Teknologi Informasi Teknologi informasi merupakan suatu bidang yang menangani pengolahan data menjadi suatu informasi yang dapat dimanfaatkan sehingga yang siap saji. Seperti Informasi umum (public information) dan Informasi lokal (local information). Sebagai contoh informasi umum, seperti penggunaan internet, untuk melihat dan mengambil informasi seperti berita, cuaca dan sebagainya. Lokal informasi, seperti jaringan lokal didalam perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan dan mengirim informasi yang sifatnya rahasia dan diberikan hanya kepada yang membutuhkan.
2.3 Jenis Komputer Komputer terdiri dari beberapa jenis yaitu sebagai berikut : 1. Super komputer Komputer yang dipergunakan untuk menampung dan melayani data dalam jumlah yang cukup besar serta mampu melaksanakan tugastugas yang tidak bisa dilakukan komputer berskala kecil. Komputer jenis ini biasanya dipergunakan badan antariksa sebagai pengolahan data.
16
2. Mainframe komputer Komputer ini terdapat pada perusahaan-perusahaan berskala besar, dipergunakan untuk melayani data yang berskala massal. Biasanya dipergunakan perusahaan telekomunikasi didalam melayani pelanggannya.
3. Micro Komputer Komputer ini sering dipergunakan di perusahaan kecil, terdiri dari komputer yang sering dipakai untuk keperluan sehari-hari
2.4 Perbandingan perfomance komputer Dilihat dari perbandingan kecepatan proses kerjanya, yang disesuaikan dengan era dan perkembangan teknologi. Prosesor terdiri dari beberapa jenis dan kecepatannya yaitu sebagai berikut : 1. Type 386, jenis prosesor ini dikembangkan pada tahun 1989 dengan kecepatan antara 30 hingga 60 Mhz. 2. Type 486, jenis prosesor ini dikembangkan tahun 1990 dengan kecepatan antara 60 hingga 100 Mhz. 3. Type 586, Jenis prosesor ini lebih canggih dari prosesor sebelumnya, dikembangkan tahun 1994, beberapa perusahaan pun memproduksinya, seperti intel dengan nama Pentium, dan perusahaan AMD mengeluarkan produknya dengan nama AMD 4. Type 686, Jenis prosesor ini dikembangkan di tahun 1998 sebagai contoh perusahan Intel dengan nama Pentium II, Pentium III dan yang terbaru Pentium IV, dan AMD dengan prosesor seri AMDnya yaitu AMD Duron, Thunderbird, dan yang terbaru Athlon XP Walaupun banyak perusahaan lain yang mengeluarkan prosesornya yang tidak dapat dijelaskan satu persatu. Seperti Transmeta, VIA dan Cyrix. Diantara kemampuan prosesor tanpa dukungan dari memori tidak akan berarti sama sekali, sama halnya dengan beberapa jenis prosesor yang lainnya. Memori terdiri dari beberapa ukuran kecepatan dan kapasitas yaitu 4 Mb, 16 Mb, 32 Mb, 64 Mb, 128, Mb, 256 Mb dan seterusnya. Terdiri dari beberapa jenis yaitu SDRAM, DDR, SO-DIM dan sebagainya.
17
2.5 Jenis-jenis Media Penyimpanan Data Media penyimpanan data terdiri dari : 2.5.1 Harddisk Merupakan suatu media penyimpanan internal yang kapasitasnya besar, untuk saat ini kapasitas harddisk mencapai 120 GB. Harga dari media ini tergolong mahal.
2.5.2 Disket Merupakan suatu media penyimpanan data yang berbentuk seperti amplop dan dapat menyimpan data antara 700 Kb hingga 1,44 Mb.
2.5.3 CDROM/DVD Merupakan media penyimpanan berbentuk piringan. CD ROM mampu menyimpan data sampai 700 Mb, sementara DVD mampu menyimpan antara 4 GB hingga 9 GB.
2.5.4 Flash disk Merupakan media penyimpanan data berbentuk pena, berukuran antara 64 Mb hingga 2 Gb = (2000 Mb)
Gambar 2.11 Hard Disk
Gambar 2.12 Disket
Gambar 2.13 CD ROM
Gambar 2.14 Flash Disk
18
2.6 Soal-soal Latihan : 1. Sebutkan salah satu contoh perangkat keras. 2. Sebutkan salah satu contoh perangkat lunak 3. sebutkan pembagian dan pengertian dari Brainware 4. Sebutkan pengertian dari sistem operasi 5. Sebutkan dan jelaskan contoh sistem-sistem operasi.
19
BAB 3 KEGIATAN PEMELAJARAN 2
3.1 Tujuan Pemelajaran 1. Mempersiapkan pra penyalaan komputer 2. Menyalakan komputer dan mengamati proses aktivitas booting sistem hingga selesai 3. Mengoperasikan PC 4. Mematikan komputer dan mengamati proses deaktivasi komputer sistem hingga selesai
3.2 MENJALANKAN KOMPUTER 3.2.1 Mempersiapkan penyalaan komputer Hal pertama didalam menjalankan sistem komputer ini adalah sebagai berikut : 1. Pastikan perangkat-perangkat seperti keyboard, mouse, monitor dan kabel power dalam keadaan terhubung power supply. 2. Pastikan apakah PC telah terinstal Sistem operasi didalamnya. Setelah mempersiapkan segalanya, maka perhatikan langkahlangkah dibawah ini :
3.2.2 Menyalakan komputer Langkah-langkah menyalakan komputer dengan langkah sebagai berikut : 1. Menekan tombol power kemudian diikuti dengan menekan tombol monitor 2. Pastikan gambar tampilan POST (Power On Self Test) muncul di layar. 3. Tunggu hingga tampilan Sistem operasi muncul
Gambar 2.15 Proses Aktivasi Komputer
20
NB : Apabila Sistem menampilkan dialog box yang menghendaki untuk menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan, maka lakukan seperti pada gambar disamping :
4. Selanjutnya tunggu hingga ruang kerja sistem operasi muncul. Seperti yang terlihat pada gambar.
3.2.3 Mengoperasikan PC Bila dilihat dari tampilan Sistem Operasi terdapat tombol-tombol yang berfungsi untuk membuka suatu aplikasi. Untuk itu mari perhatikan penjelasan dibawah ini : 1. Menggunakan Start Menu Berfungsi untuk memulai suatu program atau aplikasi. perhatikan tombol ini terletak dibawah sudut kiri desktop.
Tips : Lakukan secara bertahap dengan menekan terlebih dahulu dengan menahan Tombol Ctrl, lalu Alt, dan Del.
Gambar 2.17 Desktop awal Sistem Operasi
Gambar 2.16 Ctrl + Alt + Del
Gambar 2. 1 8 Start Menu
21
Untuk menggunakan tombol start menu adalah dengan mengklik satu kali hingga muncul menu kemudian arahkan pointer ke arah yang diinginkan tanpa mengklik, karena dengan sendirinya menu tersebut akan terbuka. Perhatikan gambar berikut : Sebagai latihan, bila ingin menunjuk suatu aplikasi sebagai contoh internet explorer, klik start menu kemudian arahkan pointer ke Programs, lalu arahkan ke Internet Explorer. Perhatikan garis dibawah salah satu huruf di start menu, perintah diatas dapat digunakan dengan mengetik tombol start di keyboard dan huruf yang digaris bawah. Lalu kursor di keyboard untuk memilih menu yang diinginkan.
2. Mengenal Taskbar Terdapat di bagian bawah ruang kerja desktop Sistem Operasi, berguna untuk menjalankan aplikasi, dan mengalihkan antar program aplikasi yang aktif.
3. Menggunakan mouse 3.1 Clik (Klik) dengan cara menekan tombol mouse satu kali dengan cepat.
Tips : Bila keyboard tidak dilengkapi dengan tombol start, maka lakukan kombinasi tombol CTRL + ESC
Gambar 2.2 0 T askba r
Gambar 2. 1 9 aktivasi start menu
Gambar 2.2 1 Kli k
22
3.2 Klik kanan dengan cara menekan tombol mouse di tombol sebelah kanan pada mouse penggunaannya sama dengan klik kiri.
Tips : Klik kanan dipergunakan untuk menampilkan menu Shortcut atau menu sederhana yang terdapat pada desktop, aplikasi, ikon dan taskbar.
3.3 Double Click (Klik ganda / klik dua kali) yaitu menekan tombol mouse dua kali tanpa menggeser mouse.
Gambar 2.2 2 Klik kana n
Klik kana n
Gambar 2. 2 3 Double Kli k
23
3.4 Drag and Drop (Menggeser dan meletakkan) yaitu menekan tombol mouse pada ikon tanpa melepas tombol mouse kemudian menggeser mouse tersebut dan meletakkan pada posisi yang diinginkan kemudian dilepaskan. Lihat contoh pada layar monitor seperti gambar berikut ini :
Sebagai latihan : bukalah salah satu aplikasi permainan sebagai contoh solitaire yang terdapat pada aplikasi Sistem Operasi Windows. Klik Start kemudian Program > Games > Solitaire. Perhatikan permainan tersebut dan cobalah untuk berinteraksi dengan permainan tersebut dengan mempergunakan mouse. Seperti drag dan drop maupun klik kiri dan klik kanan.
Gambar 2. 2 4 Dra g and Dro p
Gambar 2. 2 5 Solitair e
24
4. Keyboard Keyboard atau papan ketik, merupakan perangkat yang sering dipergunakan didalam kegiatan sehari-hari. Karakteristik dan susunan papan ketik hampir sama dengan mesin ketik manual seperti susunan huruf QWERTY tetapi terdapat beberapa tambahan-tambahan fungsi lainnya seperti tombol Esc, F1,…,F12, . Perhatikan gambar ini yang merupakan bagan papan ketik (keyboard) komputer.
Sebagai latihan : ketik nama anda dan alamat anda berulang kali untuk memahami urutan dan tombol huruf yang ada pada keyboard.
3.2.4 Mematikan Komputer (Shut Down) Apakah fungsi shutdown tersebut ? Fungsi ini dipergunakan untuk me-non fungsikan sistem operasi dan perangkat keras lainnya dalam keadaan mati (off). Untuk itu perhatikan langkah-langkah shutdown yaitu sebagai berikut : 1. Klik start menu lalu klik Shut Down.
Gambar 2. 2 6 Keyboard
Gambar 2. 2 7 A ktivasi Shutdow n
25
2. Setelah mengklik Shutdown, maka menu Shut Down Windows tampil dan langkah selanjutnya klik Ok, seperti pada gambar berikut :
Setelah Shut Down aktif maka selanjutnya windows akan menampilkan jendela Log off seperti berikut :
3.2.5 Restart Komputer Restart berfungsi untuk memulai komputer kembali dari awal, fungsinya hampir sama dengan Shut Down. Tetapi untuk Restart, komputer dalam keadaan hidup tetapi sistem akan berjalan dari awal. Langkah-langkahnya sama seperti pada Shut Down, dan menu yang dipilih adalah Restart, lalu klik Ok.
Gambar 2. 2 8 Shutdow n
Gambar 2. 2 9 prose s Lo g Of f
Gambar 2.3 0 Lo g Of f
26
Tips (Untuk Sistem Operasi Windows XP dan Windows 2000) Log Off Komputer Fungsi ini berguna untuk mengganti nama pengguna (user). Dalam arti kata, apabila komputer ini dipergunakan oleh beberapa orang, data yang bersifat pribadi tidak biisa dibuka oleh pengguna lain. Stand By Komputer Fungsi ini berguna untuk menjaga agar komputer dalam keadaan siaga, atau dalam keadaan hidup bila ingin terus menghubungkan komputer dengan internet, telepon dan sebagainya. Hibernate Komputer Fungsi ini bertugas menyimpan data-data terakhir didalam suatu aplikasi, sehingga bila komputer dimatikan dalam proses ini, dan komputer dihidupkan kembali, data atau aplikasi akan terlihat seperti sebelum dimatikan.
3.7 SOAL-SOAL 1. Sebutkan langkah-langkah untuk menyalakan komputer 2. Apakah yang muncul pertama sekali muncul di layar pada saat menyalakan komputer 3. Jelaskan mematikan komputer secara benar. 4. Jelaskan cara melakukan drag and drop. 5. Jelaskan merestart komputer secara benar.
27
BAB 4 KEGIATAN PEMELAJARAN 3
4.1 Tujuan Pemelajaran 1. Mampu mempersiapkan sistem operasi 2. Mengenal perintah dan menu atau ikon yang berada di sistem operasi. 3. Mengelola jendela aplikasi 4. Mengelola folder dan file 5. Menggunakan panel kendali (Control panel)
4.2 Mempersiapkan sistem operasi dan pengenalan perintah menu (ikon) Pada saat menyalakan komputer, pastikan sistem operasi telah terinstal dan berjalan normal sesuai dengan petunjuk atau langkah penggunaan sistem operasi yang berlaku (sebagai contoh Windows). Pada ruang kerja (desktop) sistem operasi terdapat tombol-tombol yang akan sering dipergunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Fungsi dari ikon dan lainnya yang cukup beragam selain untuk membuka aplikasi juga untuk pengaturan sistem. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.
Gambar 2.3 1 Ba g an tampilan deskto p
28
Tabel–01 : Ikon-Ikon pada desktop Windows
Objek ( Ikon ) Keterangan
My Computer
Digunakan untuk menampilkan seluruh drive, folder dan file yang ada pada komputer.
Recycle Bin
Digunakan untuk menyimpan file yang telah dihapus, sampai file tersebut benar-benar dihapus secara permanen.
My Documents
Pada umumnya berfungsi untuk melihat dan menyimpan data yang digunakan sehari-hari.
Internet Explorer
Sebagai browser standar windows yang digunakan untuk mencari dan menampilkan informasi dari suatu situs atau web.
Network Neighbourhood / My Network Places
Berfungsi untuk melihat dan menampilkan seluruh komputer yang terhubung dengan sistem jaringan.
Tabel – 02 : Tombol perintah standar Sistem Operasi Windows dan fungsinya TOMBOL KOMBINASI FUNGSI Tombol á Atau Ctrl + Esc Memunculkan start menu Tombol á + E Berfungsi untuk mengaktifkan My Computer atau Windows Explorer Tombol á + D Meminimalkan ukuran Jendela aplikasi Tombol á + F Mengaktifkan modus pencaharian data Alt + F4 Menutup aplikasi dan shutdown komputer Alt + Tab Berfungsi untuk berpindah jendela yang
29
4.3 Mengelola Jendela Aplikasi Jendela aplikasi adalah suatu jendela yang terdapat pada suatu program aplikasi yang sedang dibuka. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut dibawah ini : 4.3.1 Baris Menu (Menu Bar) adalah jajaran perintah berupa menu yang terletak dibawah baris judul, seperti jendela Windows Explorer.
4.3.2 Baris Toolbar berisi sederatan tombol-tombol yang akan digunakan untuk menjalankan perintah dengan cepat dan mudah.
4.3.3 Address Box digunakan untuk mengetikkan nama folder, driver dan alamat situs.
4.3.4 Tombol Ukuran (Sizing Button) Berfungsi untuk merubah ukuran jendela yang aktif. Adapun fungsifungsi dari jendela tersebut adalah sebagai berikut :
Close Berfungsi untuk menutup dan mengakhiri suatu aplikasi
Minimize Berfungsi untuk memperkecil jendela hingga membentuk icon aktif di taskbar
Restore Berfungsi untuk mengembalikan jendela ke ukuran yang sebelumnya atau ke ukuran semula
Maximize Berfungsi untuk memperbesar ukuran jendela ke ukuran layar penuh
30
4.4 Pengelolaan Folder dan File 4.4.1 Windows Explorer Fasilitas didalam Sistem operasi Microsoft Windows untuk mengatur /membuat Folder dan File adalah Windows Explorer. Windows Explorer menampilkan scara lengkap isi dan hirarki suatu File dan folder serta menampilkan keseluruhan isi dari file tersebut. Untuk membuka aplikasi tersebut klik tombol Start Menu, lalu arahkan pointer ke Program > Accessories > Windows Explorer.
Windows Explorer juga dapat diaktifkan dengan berbagai cara, dapat dibuka pada ikon My Document, dapat juga di klik kanan pada tombol start menu, atau kombinasi tombol á dan huruf E pada keyboard. Tampilan dari Windows Explorer ini terbagi dua, pada sisi sebelah kiri berisi seluruh nama driver, folder, dan sub folder, sedangkan pada sisi kanan berisi rincian isi dari semuanya. Contoh lihat gambar dibawah :
Disk Drive
Harddisk
Harddisk
CD, DVD
Gambar 2.3 2 Windows Explore r
Gambar 2.3 3 Driv e
31
4.4.2 Mengubah tampilan isi Folder Dalam keadaan tetap, windows hanya memperlihatkan keterangan singkat tentang isi dari windows explorer. Bila ingin mengubah tampilan isi folder tersebut yaitu dengan mengklik menu View atau tombol toolbar, seperti yang terlihat pada gambar.
Setelah melihat isi dari menu view, klik salah satu perintah tersebut dan berikut keterangannya. 1. Thumbnails dipergunakan untuk menampilkan file gambar dan data dalam bentuk gambar-gambar kecil (preview). 2. Icons dipergunakan untuk menampilkan nama folder, data dan drive dalam bentuk ikon. 3. List dipergunakan untuk menampilkan nama folder, data dan drive berdasarkan nama dan urutannya. 4. Detail dipergunakan untuk menampilkan nama folder, data dan drive berdasarkan informasi secara lengkap.
4.4.3 Mengubah urutan tampilan folder Apabila folder dan drive tidak beraturan secara abjad, maka langkah yang dilakukan agar terlihat rapi adalah mengklik menu View lalu arahkan pointer ke Arrange Icons by.
Gambar 2.3 4 Tampilan isi Folde r
Gambar 2.3 5 urutan isi Folde r
32
Adapun fungsi perintah tersebut adalah sebagai berikut : 1. Name, Folder dan data dapat ditampilkan berurut berdasarkan nama. 2. Size, Folder dan data dapat ditampilkan berurut berdasarkan ukuran file. 3. Type, Folder dan data dapat ditampilkan berurut berdasarkan jenis File. 4. Modified, Folder dan data dapat ditampilkan berurut berdasarkan ukuran tanggal terakhir pembuatan atau diperbaharui.
4.4.4 Membuat, Menghapus dan Mengganti nama Folder Folder berfungsi diumpamakan rak yang dilengkapi dengan lacinya. Kegunaan lainnya adalah untuk tidak membingungkan pada saat penyimpanan data yang tergolong banyak jenis filenya. Panduan : Untuk memilih file atau folder lebih dari satu, dapat dilakukan dengan cara memilih salah satu file atau folder yang dipilih, lalu pindahkan pointer mouse pada file atau folder yang lain, tekan tombol Shift kemudian klik mouse pada file atau folder yang akan dikopi. Cara yang lain adalah dengan menggunakan tombol Ctrl, lalu pilih file atau folder sambil menahan tombol Ctrl.
4.4.5 Membuat Folder Untuk membuat folder, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut. 1. Pada Windows Explorer, klik File arahkan pointer ke New > Folder atau dengan mengklik ruang kosong di sisi kanan Windows Explorer.
Gambar 2.3 6 Membuat Folde r
33
Pada sisi kanan dari windows Explorer, folder akan muncul dengan nama New Folder. Nama folder tersebut dapat diketik dengan menekan tombol back space.
Setelah mengetikkan nama folder tersebut, tekan Enter.
4.4.6 Mengganti nama folder Pilih folder yang akan diganti lalu klik menu File lalu arahkan pointer ke Rename lalu klik.
Maka folder tersebut, meminta untuk mengganti nama folder tersebut.
Tips: Folder dapat diganti namanya dengan cara pilih folder lalu tekan tombol F2.
Gambar 2.3 7 New Folder
Gambar 2.32 Rename Folde r
Gambar 2.3 8 Rename Folder
34
4.4.7 Menghapus Folder Pilih folder yang akan dihapus, lalu klik menu File lalu arahkan pointer ke Delete lalu klik. Kotak dialog konfirmasi untuk menghapus, tetapi folder yang dihapus sebenarnya akan dipindahkan dulu ke Recycle Bin. Lalu klik Yes.
4.4.8 Mengkopi folder Sebagai latihan buat dua folder, lalu berikan nama. Kopi folder berguna untuk menggandakan folder, file ke tempat yang lain. Pilih salah satu folder yang hendak dikopi, klik kanan folder yang dipilih, maka sub menu akan tampil lalu pilih Copy atau dengan combinasi tombol keyboard Ctrl + C. Lalu pilih Paste atau Ctrl + V.
Gambar 2.3 9 Men g hapus Folder dan fil e
Gambar 2.4 0 Cop y dan Paste Folder / Fil e
35
4.4.9 Memindahkan folder dan File Folder atau file dapat dipindahkan ke lokasi yang diinginkan, untuk memindahkan folder tersebut gunakan langkah sebagai berikut : 1. Pilihlah folder atau file yang ingin dipindahkan 2. Klik Edit lalu klik Cut atau dengan kombinasi tombol Ctrl + X. 3. Pilih drive, folder atau tempat dimana file atau folder tersebut akan dipindahkan. 4. Setelah memilih tempat tujuan, klik Edit kemudian pilih Paste atau kombinasi tombol Ctrl + V.
Langkah memindahkan file atau folder ini dapat dilakukan dengan mengklik kanan file atau folder yang akan dipindahkan. Setelah itu pilih Cut, lalu pilih tempat tujuan dan klik Paste.
Gambar 2.4 1 Cut dan Past e cara 1
Gambar 2.4 2 Cut dan Past e cara 2
36
4.4.10 Mengubah atribut Folder dan File Folder dapat diubah atributnya sesuai dengan keinginan. Adapun atribut pada folder adalah sebagai berikut : 1. Read Only, berfungsi untuk menutup akses penulisan ulang, atau hanya sekedar dibaca atau dilihat. 2. Hidden, berfungsi untuk menyembunyikan folder. Perhatikan langkah-langkah berikut didalam mengubah attribut file dan folder. Mengaktifkan Read Only pada Folder 1. Pilih Folder yang akan diubah attributnya dengan mengklik kanan folder tersebut. 2. Kemudian arahkan penunjuk dan klik Properties. 3. Check pada kotak check Read Only kemudian klik OK Perhatikan gambar
Mengaktifkan Hidden pada Folder 1. Pilih Folder yang akan diubah attributnya dengan mengklik kanan folder tersebut. 2. Kemudian arahkan penunjuk dan klik Properties. 3. Check pada kotak check Hidden kemudian klik OK.
Gambar 2.4 3 A t r i b u t F il e d a n F o l d e r ( R e a d O n l y )
37
Perhatikan Gambar
4.5 Menggunakan Panel Kendali (Control Panel) Control Panel adalah suatu aplikasi yang berfungsi mengatur sistem komputer, seperti pengaturan perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (software), tanggal dan waktu, jenis huruf yang sudah terinstal, dan sebagainya. Untuk mengaktifkannya, klik start menu kemudian arahkan ke Setting > Control Panel. Jendela Control Panel diperlihatkan seperti gambar berikut ini :
Gambar 2.4 4 Atribut File dan Folde r (Hidden )
Gambar 2.4 5 Control Panel
38
4.5.1 Display Properties Untuk mengaktifkan jendela Display properties adalah sebagai berikut : 1. Klik dua kali ikon Display, lalu perhatikan proses selanjutnya.
2. Perhatikan kotak dialog Properties dibawah ini
Untuk perhatikan fungsi tab sebagai berikut : Themes berfungsi untuk mengatur kulit (skin) Desktop dan mengaturnya sesuai dengan keinginan. Arahkan pointer pada menu Themes bertanda panah kebawah untuk memilih skin apa yang akan dipilih lalu klik Ok.
Gambar 2.4 6 Display Iko n
Gambar 2. 4 7 Display Propertie s
Gambar 2. 4 8 Theme s
39
3. Desktop berfungsi untuk menampilkan gambar sebagai latar belakang desktop. Arahkan pointer pada daftar Background, telah tersedia daftar gambar yang dapat digunakan untuk latar belakang desktop, atau klik Browse untuk mengambil gambar dari media penyimpanan lainnya.
4. Screen Saver berfungsi untuk menampilkan screen saver atau animasi bergerak yang akan tampil pada saat komputer tidak dipergunakan, pengaturan menit dari screen saver dapat diatur sesuai dengan keinginan.
5. Appearance berfungsi untuk mengatur kulit (skin) tampilan dan mengaturnya sesuai dengan keinginan. Untuk itu ikuti langkah-langkah untuk mengubah tampilan windows XP :
Gambar 2.49 Desktop
Gambar 2.50 Screen Saver
Gambar 2.5 1 A p pearanc e
40
5.1 Pada menu Windows and Buttons klik tanda panah kebawah, tampilan pilihan skin windows XP akan terbuka. ¾ Terdapat dua pilihan yaitu Windows Classic dan Windows XP, sebagai contoh pilih Windows XP. ¾ Langkah berikutnya adalah memilih Color scheme, terdapat 3 pilihan skin, pilih sesuai dengan selera. ¾ Pilih ukuran huruf Font Size. Terdapat 3 pilihan ukuran, pilih salah satu sesuai dengan keinginan. ¾ Terdapat fungsi-fungsi tombol yaitu Effects dan Advanced untuk pengaturan skin lebih lanjut.
5.2 Setting berfungsi untuk mengatur kedalaman warna dan resolusi dari tampilan windows XP. Dalam hal ini windows XP mendukung penggunaan dua monitor sekaligus, tegantung dari kualitas video graphicnya.
Pengaturan resolusi dilakukan dengan cara menggeser tombol kekiri dan kekanan (sebagai catatan : semakin tinggi resolusi yang diatur, maka huruf dan font akan berubah ukurannya, batas maksimal untuk monitor 15 “ adalah 1024 by 768 pixel, tidak disarankan melebihi batas tersebut) Kedalaman warna dapat disetting hinga 32 bit. Disarankan untuk mengambil kedalaman warna terkecil karena akan mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan Gambar 2.5 2 Settin g
41
4.6 Soal-soal 1. Sebutkan 3 ikon yang muncul pada desktop. 2. Sebutkan langkah-langkah membuat folder dengan nama Latihan 1 di My document. 3. Sebutkan fungsi dari tombol ukuran. 4. Sebutkan langkah-langkah menghapus folder. 5. Sebutkan langkah-langkah mengganti wallpaper pada ruang kerja (Desktop)
42
BAB 5 Kegiatan Pemelajaran 4
5.1 Tujuan Pemelajaran 1. Mengoperasikan PC yang tersambung ke jaringan area lokal. 2. Memutuskan koneksi jaringan pada PC sebelum shutdown dilakukan
5.2 Pemahaman Jaringan (Networking) Komputer
Sejak ditemukannya teknik komunikasi data antara komputer, mulailah berkembang penggunaan jaringan komputer di lembaga-lembaga bisnis maupun pendidikan dan riset serta lembaga-lembaga lainnya.
Dalam sebuah jaringan komputer biasanya terhubung banyak komputer ke sebuah atau beberapa server. Server adalah komputer yang difungsikan sebagai "pelayan" pengiriman data dan atau penerimaan data serta mengatur pengiriman dan penerimaan data diantara komputer-komputer yang tersambung. Fungsi pelayanan ini dimungkin oleh adanya penggunaan perangkat lunak khusus untuk server. Perangkat lunak yang dulu dikenal antara lain Xenix dari IBM, UNIX, Novell dan Microsoft Windows 3.11 dan beberapa merk lainnya. Saat ini yang umum dipergunakan orang adalah perangkat lunak Novell dan Windows NT dari jenis-jenis keluaran terbaru yang memiliki kompatibilitas dengan jaringan internet. Kompatibilitas ini atau kecocokan ini dimungkinkan oleh karena perusahaan produsennya telah mengembangkan produknya dengan menambahkan sistem TCP/IP. Apakah Sistem TCP/IP tersebut
TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol) dipergunakan dalam jaringan internet sebagai sistem pengiriman meta data dan pengontrolannya.
43
Secara fisik, jaringan komputer merupakan komputer yang dihubungkan dengan kabel data. Ada beragam jenis kabel data yang dibuat untuk penggunaan tertentu seperti kabel RG 58 untuk didalam ruangan, dapat juga mempergunakan kabel UTP. Untuk hubungan jaringan komputer antar gedung dapat dipergunakan kabel RG8 atau yang dikenal sebagai kabel backbone. Apabila kita membangun jaringan komputer antar gedung sebaiknya memperhatikan keamanannya dari gangguan petir.
5.3 Memeriksa koneksi (ketersambungan) PC pada jaringan komputer Untuk melihat IP Address sebuah PC dalam jaringan:
5.3.1 klik Start > Run
Gambar 2.53 Menu Run 5.3.2 ketik cmd (untuk Win XP) atau command (untuk Win 98) 5.3.3 klik OK atau tekan Enter 5.3.4 ketik pada C prompt: ipconfig 5.3.5 tekan Enter
Gambar 2.54 MS-DOS Prompt
44
• akan tampil…
Untuk men-cek ketersambungan PC dalam jaringan 1. klik Start > Run
2. ketik cmd (untuk Win XP) atau command (untuk Win 98) 3. klik OK atau tekan Enter • tampil .......
4. ketik pada C prompt: ping 192.168.8.21, contoh : IP PC sendiri.
• tekan enter
45
5. tampil...
6. Jika ada pesan “Reply ....” berarti telah mengenal/ada koneksi pada IP diri sendiri dalam jaringan 7. jika IP Address yang diketik adalah IP PC lain, contoh : ping 192.168.1.50 8. tekan enter 9. tampil ....
• jika muncul tampilan seperti di atas ini (tidak ada pesa “Reply ....”), berarti IP Address PC yang diketik tidak terkoneksi dengan PC kita
46
5.4 Menggunakan sumber daya bersama (resources-sharing) 5.4.1 Men-setting shared folder 1. klik kanan pada Start > pilih Explore 2. klik kanan pada Folder yang akan di-shared > pilih Sharing and Security...
Gambar 2.55 Sharing Network 3. pada check box pilih: Share this folder on the network 4. klik OK Folder yang di-shared akan ditampilkan dalam thumbnail icon seperti di bawah ini
Gambar 2.56 Sharing Folder
47
5.4.2 Mengatur shared floppy disk drive 1. Klik kanan pada Start > pilih Explore op 2. Klik kanan pada drive yang akan di-shared > pilih Sharing and Security...
Gambar 2.57 Sharing CD Drive 3. klik teks: If you understand the risk but still want to share...
48
4. pada check box pilih: Share this folder on the network 5. klik OK
6. folder yang di-shared akan ditampilkan dalam thumbnail icon seperti di bawah ini
7. Hal yang sama dapat dilakukan pada drive A (shared floppy disk drive) dan drive C (shared hard disk drive)
5.4.3 Men-setting shared-printer dari sisi Server 1. klik Start > Control Panel > Dobel-klik Printers & Faxes
Gambar 2.58 Sharing Printer
49
2. klik kanan pada Printer yang akan di-share 3. pilih Sharing...
klik tombol : Share this printer klik OK atau tekan Enter
Printer yang ter-sharing ditandai dengan gambar telapak tangan
5.4.4 Mengatur shared-printer dari sisi Client 1. klik Start > Control Panel > klik dua kali Printers & Faxes 2. klik Add a printer 3. klik Next
50
4. pilih radio button: A Network printer, or a printer... 5. klik Next
6. klik radio button: Browse for a printer 7. klik Next
51
8. Gunakan scroll bar untuk memilih printer yang berada di dalam jaringan 9. Klik Next
Perintah pencetakan dengan shared-printer sama dengan standalone printer biasa, hanya perlu mengarahkan pilihan printer yang di-shared
52
5.4.5 Mengakses/mengambil file dari komputer lain 1. Klik icon network neighborhood/Network place pada desktop 2. Akan muncul tampilan sebagai berikut : Contoh Komputer yang terhubung
3. Pilih komputer yang akan dituju dengan cara di klik nama komputer yang ada di network explorer
5.5 Soal-soal
1. Jelaskan langkah-langkah perintah koneksi jaringan komputer anda sendiri 2. Jelaskan cara memeriksa koneksi PC anda dengan PC lain dalam jaringan. 3. Bagaimana langkah-langkah pengaturan berbagai pakai printer bersama. 4. Bagaimana langkah-langkah pengaturan berbagai pakai File/Folder bersama. 5. Bagaimana cara memutuskan hubungan jaringan.
PENUTUP
Modul ini merupakan bahan ajar peserta didik untuk memperoleh kompetensi menyalakan komputer ; mengoperasikan komputer sampai dapat digunakan ;
Gambar 2.59 Komputer yang terkoneksi
Gambar 2.60 Komputer yang tidak terkoneksi
53
Tidak ada komentar:
Posting Komentar